Cek kecepatan loading blog untuk SEO friendly


Tes kecepatan blog

Setelah capek mengotak-atik template blog, walaupun belum sampai target tampilan blog yang di inginkan, ada baiknya Cek kecepatan loading blog untuk SEO friendly. Walaupun loading blog bukan urutan yang pertama penentu jadi pilihan si mbah google, tapi pihak google tetap menyarankan blog yang di kelola agar di perhatikan kecepatan loadingnya, di samping memperhatikan konten yang bermutu. Mengaduk-aduk blog getect ini pun di lakukan dengan tujuan salah satunya untuk merubah wajah yang menjemukan menjadi tambah menjijikan (hehhe.. ngaku..) dengan menguras tenaga dan pikiran dan menghasilkan blog dengan tampilan sekarang ini. Padahal ada cara cepat untuk merubah tampilan template blog, tapi saya harus merubah banyak hal lagi seperti meta tag dan widget yang sudah capek-capek di atur.


Ternyata setelah tubuh getect di bedah, banyak script yang berkeliaran tanpa ada kegunaan dan script ganda yang di tampilkan tidak di gunakan (hehehe.. kayak tau gunanya aja..). dan ternyata menjadi buah fikiran oleh program blog getect sehingga blog jadi males untuk berjalan. Karena kawatir setelah di bedah maka saya cek kecepatan loadingnya, dengan menggunakan 2 situs berikut :

Di stus pingdom menyediakan cek kecepatan blog dan info tambahan yang berhubungan dengan isi perut blog kita. Hanya saja pada saat saya coba ternyata terjadi incosisten info, karena blog saya di detect memiliki size 4,6 MB dengan speed 4,7 sec. tapi setelah di cek ulang speednya berubah lagi. Entah di sebabkan oleh koneksi internet atau memang situsnya kurang beres dalam bekerja. Kelebihan dari situs pingdom tools lebihmudah untuk di pahami bagi kita yang awam.

Kalau situs ini punya mbah google, jadi tingkat validasinya lebih terjamin. Hanya saja untuk orang awam sulit untuk memahami hasilnya, karena selain berbahasa inggris tetapi juga menggunakan bahasa para programer dunia maya. Kalau saya pribadi hanya mengambil info speed yang di tampilkan. contoh hasil dari tes blog getect adalah "overall PageSpeed Score of 61 (out of 100)."  Katanya sih kalau masih di bawah di atas 80 maka sudah mantab. tapi kalau sudah di atas di bawah 80 maka harus banyak yang dibenahi. 

Mungkin sekian dulu, posting kali ini, mau melototi isi template lagi nih. walaupun berdasarkan google developers sudah di bawah 80.

Post a Comment

1 Comments